Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Selasa, 27 April 2010

Lebih dari 50 Tablet PC Bakal Meluncur 2010

Selasa, 27 April 2010
Peluncuran Apple iPad pada Januari lalu ternyata mendorong rival-rival Apple 'latah' menghadirkan produk serupa tahun ini.

Seorang eksekutif dari Arm - perusahaan rival utama Intel di bidang prosesor mobile- memprediksi, sepanjang tahun ini akan muncul tak kurang dari 50 perangkat tablet PC di seluruh dunia.

"Tablet PC pertama akan muncul di kuartal kedua nanti melalui kerja sama dengan sejumlah operator," kata Roy Chen, Mobile Computing ODM Manager pada Arm, di sela jumpa pers di Taipei, dikutip dari PC World, Rabu 10 Maret 2010.

Bahkan, Chan menjelaskan, jumlah tablet PC yang akan meluncur di kuartal tiga tahun ini akan lebih banyak lagi. Tak cuma vendor komputer, operator-operator telekomunikasi juga akan banyak meluncurkan perangkat-perangkat serupa iPad ini.
Tentu saja, sebagai perusahaan pembuat chip, Arm mendapat keuntungan dari hal ini. Produk serta dukungan teknis Arm akan banyak dibutuhkan oleh para pembuat tablet PC tadi.

Pada ajang pameran Computex di Taipei Taiwan, Arm juga memperkenalkan beberapa perangkat tablet baru. Tablet pertama adalah tablet besutan perusahaan elektronik Taiwan yang juga merupakan OEM (original electonics manufacturer) laptop kedua terbesar di dunia, yaitu Compal Electronics.

Tablet PC Compal memiliki layar 7 inci dengan chip Nvidia Tegra 2 yang berteknologi core Arm. Compal menawarkan dua versi tablet PC, satu berbasis Android, dan lainnya berbasis Microsoft Windows CE.

Ukurannya pun terbagi dua versi, yaitu 7 inci dan 10,1 inci. Menariknya, dua tablet itu juga telah dilengkapi slot high-definition multimedia interface (HDMI), sehingga bisa terkoneksi TV HD.

Tablet lainnya, bernama Armadillo, yang berbasis Android dan berukuran lebih kecil ketimbang punya Compal.
Armadillo juga menggunakan teknologi core milik Arm pada chip buatan FreeScale Semiconductor. Armadillo juga menyematkan software bertajuk Quickboot, untuk mempercepat proses startup.

0 komentar:

Posting Komentar